ce9a152c 9981 4ea8 bb0f e364901aa4fc

Kanan-Kiri Chief Business Officer PT Rifan Financindo Berjangka (RFB) Teddy Prasetya, Direktur Marketing dan Operasional PT RFB Isriyetti dan Kepala Cabang PT RFB Yogyakarta Dewi Diananingrum bersama Direktur Utama Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) Stephanus Paulus Lumintang dan Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) Fajar Wibhiyadi disaksikan Kabid Humas Polda DIY AKBP Yuliyanto, S.I.K., M.Sc. saat pembukaan kantor PT RFB cabang Yogyakarta, Senin 6 Agustus 2018.

Yogyakarta, 6 Agustus 2018 - PT Rifan Financindo Berjangka (RFB), perusahaan pialang berjangka di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK) yang telah mendapatkan ijin dari tahun 2000 memperluas pasar lewat pembukaan kantor cabang di Yogyakarta, Senin 6 Agustus 2018.

Berlokasi di Malioboro City, Sleman, peresmian kantor cabang RFB ke-9 ini dihadiri oleh Direktur Utama PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ), Stephanus Paulus Lumintang, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI), Fajar Wibhiyadi, Chief Business Officer PT Rifan Financindo Berjangka, Teddy Prasetya dan Kepala Cabang PT Rifan Financindo Berjangka Yogyakarta, Dewi Diananingrum.


CBO RFB, Teddy Prasetya mengungkapkan Yogyakarta adalah salah satu kota dengan wilayah agraris yang luas serta memiliki pertumbuhan ekonomi pesat. Selain itu Yogyakarta memiliki lebih dari 35.900 investor potensial berdasarkan catatan Bursa Efek Indonesia.

“RFB tertarik untuk melakukan ekspansi, karena para pelaku pasar modal adalah salah satu target market dari investasi komoditas berjangka. Kami ingin berkontribusi dalam memperkuat eksistensi pasar PBK di Indonesia sekaligus memberi kesempatan kepada generasi muda kota Yogyakarta untuk menjadi pialang handal dan profesional,” papar Teddy.

Upaya ekspansi pasar RFB lewat kantor cabang terbaru ini juga tidak lepas dari besarnya potensi industri pialang berjangka di tanah air. Berdasarkan data Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan bahwa industri PBK di Indonesia selama tiga tahun terakhir mengalami pertumbuhan dengan peningkatan volume transaksi sebesar 6,40% pada 2016 dan 0,48% di tahun 2017. Kemudian pada semester I-2018 tumbuh 30,15% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.


“Industri PBK sedang berkembang seiring dengan peningkatan volume transaksi baik bilateral maupun multilateral. Kepercayaan masyarakat serta minat pelaku usaha terhadap PBK juga mulai meningkat,” ujar Direktur Utama BBJ, Stephanus Paulus Lumintang.

Sepanjang semester pertama tahun 2018, RFB membukukan kinerja cemerlang. Secara nasional pertumbuhan jumlah nasabah baru RFB meningkat sebesar 27,16% atau bertambah sebanyak 1.311 nasabah, sehingga saat ini jumlah nasabah RFB mencapai lebih dari 10.000. Dari data volume transaksi RFB hingga akhir Juni 2018, mencapai 615,513 lot, naik 148,86% dibandingkan posisi yang sama di tahun 2017 sebesar 247,332 lot. Transaksi di produk bilateral atau SPA (Sistem Perdagangan Alternatif) masih memberikan kontribusi lebih besar yaitu 434,957 lot dibandingkan produk multilateral sebesar 180,556 lot. Namun, secara pertumbuhan, transaksi multilateral mengalami peningkatan tajam sebesar 585,07% dari semester pertama tahun sebelumnya sebesar 26,356 lot. Sedangkan, transaksi bilateral naik 96,83% dari 220,976 lot di tahun 2017 pada periode yang sama. Dengan pencapaian ini RFB berhasil menempati posisi sebagai Perusahaan Pialang Berjangka Terbaik dengan berada diurutan pertama dalam Top 5 Pialang Berjangka menurut Bursa Berjangka Jakarta atau JFX (Jakarta Future Exchange). Untuk pengembangan kantor cabang Wilayah Yogyakarta, RFB mengalokasikan total investasi Rp10 Miliar yang akan digunakan untuk infrastruktur kantor sebesar Rp5 miliar dan sisanya untuk modal kerja. Kepala Cabang RFB Yogyakarta, Dewi Diananingrum menargetkan 100.000 lot transaksi dan 300 nasabah untuk tahun pertama Kantor Cabang Yogyakarta. Sementara untuk kinerja perusahaan secara keseluruhan, RFB mematok penambahan 3.000 nasabah baru dan total volume transaksi 1 juta lot di akhir tahun 2018. “Setiap kantor cabang RFB harus memiliki kontribusi terhadap total bisnis perusahaan. Untuk RFB Yogyakarta kami harapkan dapat memberikan kontribusi sebesar 10% dari total bisnis secara umum dan turut meramaikan pasar PBK di kota pelajar ini. Harapannya masyarakat semakin aware terhadap keberadaaan industri PBK sekaligus meningkatkan keuntungan dari sisi bisnis RFB khususnya,” ujar Dewi.

media

Kunjungan Media Visit ke Tribun Jogja

Selain pembukaan kantor cabang, RFB juga akan melakukan rencana strategis lain di 2018 yakni akuisisi kantor Bestprofit Futures di Malang dan Solid Gold Berjangka di Makassar. Lebih lanjut Teddy Prasetya menjelaskan, RFB berkomitmen penuh dalam melakukan sosialisasi dan edukasi berkelanjutan mengenai industri PBK di Wilayah Yogyakarta. Hal ini diwujudkan melalui pelatihan (workshop) kepada media terkait industri PBK. Media workshop yang mendapat dukungan dari KBI dan BBJ ini rencana akan digelar Sabtu, 11 Agustus 2018 di kantor RFB Cabang Yogyakarta.

Melalui media workshop tersebut Teddy berharap mampu memperkuat trust dalam diri setiap orang yang belum mengenal atau memiliki pandangan keliru terhadap industri PBK dan bisnis RFB. Senada dengan Teddy, Direktur Utama KBI, Fajar Wibhiyadi berharap dengan adanya media workshop sekaligus peresmian Kantor Cabang RFB di Yogyakarta semakin banyak masyarakat yang lebih memahami transaksi di PBK melalui pialang resmi.

“Kami menyambut positif dengan kehadiran PT Rifan Financindo Berjangka di Yogyakarta. Hal ini bisa bermanfaat bagi Perusahaan Pialang untuk mendapatkan nasabah yang berinvestasi di PBK. Untuk mencapai hal tersebut Perusahaan Pialang harus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait industri perdagangan berjangka komoditi sehingga memberikan image positif kepada masyarakat tentang investasi di perdagangan berjangka komoditi. Tentunya juga bagi industri perdagangan berjangka menjadi lebih dikenal dan dipahami oleh masyarakat” tuturnya.

621a14bf d01d 4bdc 9c86 f2dbd0675126

Kepala Cabang PT Rifan Financindo Berjangka (RFB) Yogyakarta Dewi Diananingrum (ketiga kiri) menyerahkan apresiasi berupa donasi kepada perwakilan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) DPC Sleman dan DPC Bantul dalam rangka menyambut Hari Veteran Nasional yang diperingati setiap 10 Agustus dan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus.

Pada kesempatan yang sama, RFB juga memberikan apresiasi kepada pejuang veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) DPC Sleman dan DPC Bantul. Hal ini dalam rangka menyambut Hari Veteran Nasional yang diperingati setiap 10 Agustus dan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus. Selain itu juga sebagai ungkapan rasa syukur atas dibukanya kantor RFB cabang Yogyakarta.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Untuk itu, kami memberikan donasi kepada para pejuang veteran sebagai apresiasi terhadap kontribusi mereka yang tak terbatas untuk membantu terwujudnya kemerdekaan Republik Indonesia,” pungkas Teddy.